SEKDA BUKA PEKAN OLAHRAGA PELAJAR DAERAH (POPDA) TINGKAT KABUPATEN KENDAL TAHUN 2023

Kendal- Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal, Ir. Sugiono, M.T membuka pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Tahun 2023,

Kendal- Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal, Ir. Sugiono, M.T membuka pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Tahun 2023, Senin (13/2/2023) bertempat di Gor Bahurekso Kabupaten Kendal.

Dalam acara itu turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kendal, Achmad Ircham Chalid, S.STP.,MH. Kepala Disdikbud Kendal, Wahyu Yusuf Akhmadi, dan Ketua Koni Kendal, Subur Isnadi, SH.

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal, Ir. Sugiono, M.T menyampaikan sambutan Bupati Kendal, H. Dico M. Ganinduto, B.Sc. yang nengajatakan sangat menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan POPDA tahun ini.

Menurutnya Sekda Kendal, penyelenggaraan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Tahun 2023 sebagai ajang evaluasi hasil pembinaan prestasi olahraga pelajar di tingkat daerah dan untuk menghasilkan calon-calon atlet nasional yang dapat berprestasi mengharumkan daerah di event nasional dan nama bangsa di event olahraga tingkat Asia Tenggara, Asia dan Dunia.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mngukur pencapaian pembinaan prestasi olahraga atlet pelajar daerah, dan sebagai ajang seleksi pembentukan tim pelajar yang akan dipersiapkan pada event olahraga pelajar tingkat Jawa Tengah, dan mencetak dan melahirkan calon-calon atlet terbaik dikalangan pelajar yang di masa depan akan menjadi atlet andalan Jawa Tengah," tutur Sekda Kendal.

Lebih lanjut, Ir. Sugiono mengatakan, selain itu, ini momentum peningkatan gairah dan motivasi pelajar untuk berlatih dan berprestasi di ajang olahraga, memelihara dan menigkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

"Semoga dengan adanya POPDA Tahun 2023 ini mampu melahirkan atlet – atlet muda yang potensial untuk pembangunan keolahragaan daerah di masa-masa yang akan datang. Dengan pelaksanaan POPDA Tahun 2023 dengan tema Sportif Meraih Prestasi menjadikan motivasi bagi para generasi penerus yang akan mengharumkan daerah melalui prestasi di bidang olahraga," tutup Sekda Kendal mengakhiri sambutan Bupati Kendal, sekaligus membuka acara tersebut.

Sebelumnya, Kepala Disporapar Kab.Kendal dalam laporannya menyampaikan, kegiatan POPDA Kendal Tahun 2023 dilaksanakan mulai tanggal 13 sampai 25 Februari 2023, dengan jumlah peserta 5.790 orang, terdiri dari 5.000 Atlet atau pelajar, 300 Pendamping atau Guru, 390 Panitia Pelaksana.

"Adapun Cabang Olahraga yang dipertandingkan pada masing-masing Jenjang Pendidikan, yaitu tingkat SD atau MI adalah Sepak Takraw Atletik, Renang, Bulu Tangkis, Tenis Meja, Panahan, Karate dan Taekwondo. Tingkat SMP atau MTs adalah Sepak Takraw, Bola Voli Indoor, Bola Voli Pasir, Atletik, Renang, Bulu Tangkis, Tenis Meja, Panahan, Pencak Silat, Karate dan Taekwondo. Tingkat SMA/SMK/MA, yaitu Sepak Takraw, Bola Voli Indoor, Bola Voli Pasir, Atletik, Renang, Bulu Tangkis, Tenis Meja, Panahan, Pencak Silat, Karate dan Taekwondo," terang Kepala Disporapar Kab.Kendal

Ia juga mengungkapkan, prestasi Kontingen Kabupaten Kendal yang telah diraih pada POPDA Jateng Tahun 2022 kemarin, adalah Peringkat 11 se- Jawa Tengah dengan perolehan medali 8 Emas, 5 Perak, dan 17 Perunggu.

"Pembinaan olahraga ditingkat pelajar mempunyai peran penting dan strategis sebagai upaya untuk menjaring calon-calon atlet berbakat yang memiliki potensi dikembangkan menjadi atlet yang berprestasi ditingkat provinsi, tingkat nasional bahkan di tingkat internasional di masa depan," tambah Kepala Disporapar Kab.Kendal.

Diskominfo/HR

Sumber :

https://www.kendalkab.go.id/berita/id/20230213001/sekda_kendal_buka_acara_popda_tahun_2023

 

BAGIKAN :